11 Istilah yang akan kamu jumpai ketika memelihara sugar glider

  • SG

Singkatan untuk Sugar Glider, Hewan eksotis yang termasuk dalam keluarga Petauridae. Sering dikenal karena kemampuan mereka meluncur dari satu tempat ke tempat lain.

  • Bonding

Proses membangun ikatan emosional antara pemilik dan sugar glider melalui interaksi sosial dan perawatan harian. Setiap sugar glider membutuhkan waktu bonding yang berbeda-beda dengan owenernya tergantung karakterisik masing-masing sugar glider dan waktu yang kita habiskan dengannya.

  • Proven

Sugar glider yang sudah terbukti dalam hal reproduksi atau kemampuan untuk menghasilkan keturunan secara sukses dan berhasil membesarkan anak-anaknya.

  • IP dan OOP

Istilah yang dipakai ketika sugar glider sedang di fase mengandung sampai melahirkan. IP singkatan untuk In Pouch atau bisa dikatakan fase ketika joey sugar glider masih berada didalam kantung induk betina, sedangkan OOP singkatan untuk Out Of Pouch atau bisa dikatakan fase ketika joey sugar glider sudah keluar dari kantung induknya dan tidak masuk kembali.

  • Morph

variasi genetik tertentu yang mempengaruhi warna atau pola bulu. Berbeda dengan beberapa hewan peliharaan, seperti reptil, khususnya ular, yang sering kali dihasilkan melalui pembiakan selektif untuk menghasilkan penampilan yang unik, morph pada sugar glider lebih cenderung bersifat alami atau bawaan. Banyak jenis morph sugar glider, diantaranya ada WF (White Face), CG (Classic Grey), Leu (Leucistic), Moza (Mozaik),dll.

  • Joey

Anak sugar glider, terutama yang masih berada dalam kantung marsupium atau yang baru lahir.

  • Nocturnal

Hewan yang aktif pada malam hari. Sugar glider termasuk dalam kategori hewan nocturnal, jadi lebih aktif dan berisik dimalam hari.

  • Grooming

Proses membersihkan bulu dan merapikan diri, sering kali dilakukan sebagai tanda perawatan dan ikatan sosial. Sugar glider sendiri tergolong hewan yang bersih seperti kucing, jadi jangan kaget ketika sugar glider suka menjilati bulunya sendiri selayaknya kucing.

  • Patagium

Patagium merupakan selaput kulit di antara kaki depan dan belakang sugar glider yang memungkinkan mereka meluncur dari satu tempat ke tempat lain.

  • Breed dan Breeder

Isitilah ini merujuk pada Pembiak/ Breeder yaitu orang yang secara khusus terlibat dalam kegiatan pembiakan sugar glider, sedangkan pembiakan/breed adalah proses perkawinan antara individu sugar glider dengan tujuan menghasilkan keturunan. Penting untuk memilih breeder yang etis dan bertanggung jawab ketika memutuskan untuk membeli atau mengadopsi sugar glider. Breeder yang baik akan memberikan perhatian khusus pada kesehatan dan kebahagiaan hewan, serta memberikan informasi yang diperlukan kepada calon pemilik sugar glider. Pastikan breeder mematuhi standar etika pembiakan dan memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan khusus dari sugar glider.

  • Pouch/ Marsupium

Merupakan kantung di perut betina sugar glider di mana joeys dibawa dan dirawat setelah lahir hingga OOP.

Leave a comment